Saturday, April 19, 2014

Panduan Microsoft Office Word 2007

Panduan Microsoft Office Word 2007


Microsoft Office Word 2007 merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) yang yang biasa digunakan untuk membuat laporan, dokumen berbentuk surat, brosur, table, dan masih banyak lagi dukumen-dokumen lain yang biasa dibuat dengan menggunakan Microsoft Office Word.



Microsoft Office Word 2007 merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang mengalami banyak perubahan dan perbaikan, sehingga lebih fleksibel digunakan di masa kini. Microsof Office Word juga menyediakan fasilitas penuh terhadap apa yang kita perlukan. Dengan fasilitasnya yang lengkap lengkap ini telah menghantarkan Microsoft Office Word 2007 sebagai program aplikasi pengolah kata yang mutakhir saat ini.


1.     Memulai menggunakan Ms. Office Word 2007

Untuk membuka Microsoft Word caranya adalah:

  • Kita juga bisa membuka aplikasi Microsoft Office Word 2007 menggunakan shorchut di desktop dengan cara mengklik dua kali tombol mouse pada Microsoft Office Word 2007.
ATAU

  • Klik Tombol Start yang ada di taskbar.
  • Pilih menu All Program dan muncul sejumlah menu.
  • Kemudian arahkan pointer ke Microsoft Office dan klik program aplikasi Microsoft Office Word 2007. Tunggu sampai jendela Microsoft Office Word 2007 ditampilkan.


 2.     Bagian-bagian Microsoft Office Word 2007




Keterangan:
  •  Tombol office (office button): Pengganti menu FILE dalam Microsoft Word versi sebelumnya. Tombol ini berisi perintah-perintah standard untuk mengoperasikan file, seperti membuka dokumen, menutup dokumen, mencetak dokumen, dan lain sebagainya.
  • Toolbar Quick Access, yang secara default toolbar ini menyediakan tombol Save, Undo, dan Repeat. Namun dapat ditambah dengan mengklik gambar panah (drop down) di ujung kanan toolbar ini dan tandai yang belum ditampilkan atau klik More Commands.
  • Title Bar (Baris Judul): Merupakan bar yang menampilkan nama dokumen yang sedang aktif. 
  • Tombol Controlberisi tombol yang berfungsi mengontrol jendela lembar kerja Microsoft Office Word, yang terdiri dari: 
    • Minimize               : memperkecil tampilan Aplikasi MS. Office Word 2007
    • Restore Down       : mengembalikan tampilan Aplikasi MS. Office Word 2007
    • Close                     : menutup Aplikasi MS. Office Word 2007
  • RibbonBerisi beberapa tab yang berisi beberapa group ikon perintah. 




  • Scroll barsberfungsi untuk menggeser layar kerja. Jika ingin menggeser layar kerja ke kiri atau ke kanan gunakan horizontal scroll bar, atau menggeser layar kerja ke atas dan ke bawah gunakan vertical scroll bar.
  • Mistar (Ruler), bagian ini berfungsi sebagai alat bantu dalam mengatur margin (batas) dari lembar kerja, garis, tabulasi dan lain-lain. 


  • Status barmemberikan informasi tentang letak insertion point, halaman, section, jumlah halaman, dan bahasa yang digunakan. 
  • Tombol View. Tombol ini berfungsi untuk merubah tampilan dokumen seperti print layout, fullscreen layout, web layout, out line dan draft. 

  • Kontrol Zoom. Digunakan untuk menentukan ukuran tampilan lembar kerja di layar pada jendela word.  


 3.     Membuat Dokumen Baru

Umumnya Microsoft Word 2007 langsung menampilkan dokumen kosong yang siap untuk memulai pengetikan. Namun, jika komputer tidak secara otomatis menyediakan dokumen kosong, cara berikut ini bisa menjadi alternatif dalam membuat dokumen baru.

  • Klik tombol Microsoft Office, lalu klik New.
  • Maka muncul kotak dialog New


4.     Menyimpan Dokumen


A.     Menyimpan dokumen setelah melakukan perubahan

Untuk menyimpan dokumen setelah melakukan perubahan pada naskah (pernah disimpan sebelumnya), dilakukan dengan cara:

  • Klik Tombol Office,
  • Pilih Save (Ctrl+S)
B.     Menyimpan dokumen dengan memberi nama dan memilih tipe file

Untuk menyimpan dokumen dengan member nama dan memilih tipe file, dilakukan dengan cara:

  • Klik Tombol Office – Save As, lalu muncul kotak dialog Save As:
  • Save In: pilih lokasi menyimpan dokumen
  • File name: ketik nama file Anda
  • Save as type: format (tipe) dokumen Microsoft Office Word mis: menyimpan dengan format Word 97-2003 Document agar dapat dibuka di aplikasi Microsoft Word 2003.
  • Klik Save


5.     Membuka Dokumen

Untuk membuka dokumen Microsoft Office Word yang pernah disimpan, lalukan langkah-langkah:

Klik Tombol Office – Open, lalu muncul kotak dialog Open:

  • Look In: lokasi file yang pernah disimpan
  • File name: ketik nama file Anda
  • File of type: format (tipe) dokumen
  • Klik Open


6.     Mengedit Teks


A.     Penggunaan Tombol Keyboard untuk Mengedit Teks

Tombol Keyboard
Fungsi
Enteruntuk mengganti atau menambah paragraf.
Deleteuntuk menghapus karakter yang ada di sebelah kanan kursor.
BackspaceUntuk menghapus karakter di sebelah kiri kursor.
Tabuntuk menggeser teks ke kanan sepanjang Tab lompatan yang telah diatur sebelumnya.
Caps Lockuntuk mengubah huruf kecil menjadi besar.
Shiftuntuk membentuk awal kata huruf besar atau memfungsikan huruf atas.
Escuntuk membatalkan perintah terakhir atau menutup kotak dialog.
Num Lockuntuk mengaktifkan angka.
Homeuntuk memindah kursor ke awal baris.
Enduntuk memindah kursor ke akhir baris.
Editing ,,,untuk memindah kursor ke kiri, kanan, atas, atau bawah.
Shift +,Memblok satu karakter ke sebelah kanan atau kiri (insertion point)
Shift+,Memblok satu baris ke atas/bawah
Ctrl+Shift+,Memblok satu kata disebelah kanan/kiri (insertion point)
Ctrl+Shift+,Memblok sampai ke-awal/akhir paragraph
Shift+EndMemblok sampai ke akhir baris
Shift+HomeMemblok sampai ke awal baris
Shift+Page UpMemblok sampai satu layar ka-atas
Shift+Page DownMemblok sampai satu layar ke-bawah
Ctrl+Shift+HomeMemblok sampai ke awal dokumen
Ctrl+Shift+EndMemblok sampai ke akhir dokumen
Ctrl+AMemblok seluruh teks yang ada pada dokumen
Ctrl+HomeBerpindah ke awal dokumen
Ctrl+EndBerpindah ke akhir dokumen
Page UpBerpindah ke atas satu layar
Page DownBerpindah ke bawah satu layar
Ctrl+Page UpBerpindah ke atas satu halaman
F1untuk menampilkan pertolongan dalam mode Online (terhubung ke internet).
F4untuk mengulang ketikan atau edit terakhir (Retype).
F5menuju ke .... (halaman tertentu, seksi tertentu, dan lain-lain).
F6untuk mengetahui halaman yang sedang tampak.
F7untuk mengecek ejaan yang dianggap salah. Ejaan yang salah ditandai dengan garis merah di bawah teks yang dianggap salah.
F81x untuk memilik ke kanan, 2 x memilih satu baris ke kiri. 3x memilih seluruh teks.
F10menampilkan huruf shortcut.
F12menampilkan menu menyimpan sebagai berkas baru.


B.     Memindahkan Teks

Untuk memindahkan teks ke lokasi baru pada dokumen yang sedang di kerjakan, langkahlangkahnya:

  • Pilihlah teks yang akan dipindahkan
  • Klik home, pada grup Clipboard, klik icon cut (atau CTRL + X di keyboard) bisa juga dengan klik kanan pada teks yang terpilih lalu klik cut.
  • Tentukan lokasi baru tempat menyimpan teks yang kita ambil tadi.
  • Masih di tab home, klik icon paste (atau CTRL + V di keyboard) bisa juga dengan klik kanan pada tempat baru lalu klik paste.


C.     Menyalin Teks

Untuk menyalik teks ke lokasi baru pada dokumen yang sedang di kerjakan, langkahlangkahnya:

  • Pilihlah teks yang akan dipindahkan
  • Klik tab home lalu klik icon copy (atau CTRL + C di keyboard) bisa juga dengan klik kanan pada teks yang terpilih lalu klik copy.
  • Tentukan lokasi baru tempat menyimpan teks yang kita ambil tadi.
  • Masih di tab home, klik icon paste paste (atau CTRL + V di keyboard) bisa juga dengan klik kanan pada tempat baru lalu klik paste.


D.     Membatalkan dan Mengulang Perintah

Undo adalah untuk membatalkan perintah yang baru saja diberikan pada Microsoft Word.

Caranya dengan menekan icon undo pada quick access toolbar atau dengan menekan CTRL + Z di keyboard.

Repeat adalah untuk mengulang perintah yang baru saja diberikan pada Microsoft Word.

Caranya dengan menekan icon repeat pada quick access toolbar atau dengan menekan CTRL + Y di keyboard.

Ketika menekan icon undo, maka tombol repeat berubah menjadi tombol redo begitupun fungsinya yaitu untuk membatalkan perintah undo.



E.     Menghapus teks

Untuk menghapus teks:

  • Pilih teks yang akan dihapus
  • Tekan delete di keyboard.


F. Mengubah huruf mode standar menjadi Tebal (Bold)

Pilih teks yang akan diubah, klik ikon [Tebal].
Contoh: Mengubah huruf mode standar menjadi Tebal (Bold).
Menjadi: Mengubah huruf mode standar menjadi Tebal (Bold).

G. Mengubah huruf tegak menjadi huruf Miring/Kursif (Italic)
Pilih teks yang akan diubah, klik ikon [Kursif].
Contoh: Mengubah huruf tegak menjadi huruf Miring (Italic).
Menjadi: Mengubah huruf tegak menjadi huruf Miring (Italic).

H. Memberi Garis Bawah (Underline)
Pilih teks yang akan diubah, klik ikon [Garis Bawah],
pilih model garis bawah.
Contoh: Memberi Garis Bawah (Underline).
Menjadi: Memberi Garis Bawah (Underline).



I. Mencari Sebuah Kata Pada Dokumen

Untuk menemukan sebuah kata pada dokumen yang terdiri dari beberapa halaman, dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas find yang ada di Word 2007 dengan cara:

  • Klik tab home lalu cari grup editing dan klik Find (Ctrl+F), maka muncul kotak dialog Find and Replace.
  • Pada kotak pilihan Find what, tulislah teks yang yang akan dicari.
  • Lalu klik Find Next untuk mencari per kata. Atau klik Find in dan lanjutkan dengan mengklik Main Document untuk mencari seluruh kata.


J. Mencari Sebuah Kata Pada Dokumen

Untuk mengganti beberapa kata yang sama pada dokumen yang terdiri dari banyak halaman, maka dengan menggunakan fasilitas Replace yang ada di Word 2007 sebagai berikut:

  • Klik tab home lalu cari grup editing dan klik Replace (Ctrl+H), maka muncul kotak dialog Find and Replace.
  • Pada kotak pilihan Find what tulislah teks yang akan diganti.
  • Pada kotak pilihan Replace with, tulislah kata pengganti.
Klik replace untuk mengganti satu persatu atau klik replace all untuk mengganti kata yang diinginkan.

No comments:

Pencairan.....

Daftar Blog Berkaitan